Dasar-Dasar Sistem Informasi Dalam Bisnis
Tujuan Pembelajaran:
1. Memahami konsep sistem dan bagaimana kaitannya dengan sistem informasi.
2. Menjelaskan mengapa pengetahuan tentang sistem informasi penting bagi para profesional bisnis dan mengidentifikasi lima bidang pengetahuan sistem informasi yang mereka butuhkan.
3. Memberikan contoh untuk menggambarkan bagaimana aplikasi bisnis dari sistem informasi dapat mendukung bisnis perusahaan proses, pengambilan keputusan manajerial, dan strategi untuk keunggulan kompetitif.
2. Menjelaskan mengapa pengetahuan tentang sistem informasi penting bagi para profesional bisnis dan mengidentifikasi lima bidang pengetahuan sistem informasi yang mereka butuhkan.
3. Memberikan contoh untuk menggambarkan bagaimana aplikasi bisnis dari sistem informasi dapat mendukung bisnis perusahaan proses, pengambilan keputusan manajerial, dan strategi untuk keunggulan kompetitif.
4. Memberikan contoh jenis utama beberapa sistem informasi dari pengalaman Anda dengan organisasi bisnis di dunia nyata.
5. Mengidentifikasi beberapa tantangan bahwa seorang manajer bisnis mungkin hadapi dalam mengelola keberhasilan pengembangan dan etika dan penggunaan teknologi informasi dalam bisnis.
5. Mengidentifikasi beberapa tantangan bahwa seorang manajer bisnis mungkin hadapi dalam mengelola keberhasilan pengembangan dan etika dan penggunaan teknologi informasi dalam bisnis.
6. Memberikan contoh komponen dari sistem informasi dunia nyata. Menggambarkan bahwa dalam suatu sistem informasi, orang menggunakan hardware, software, data dan jaringan sebagai sumber daya untuk melakukan input, proses, output, penyimpanan, dan pengendalian kegiatan yang mengubah sumber daya data menjadi produk informasi.
7. Menjadi akrab dengan segudang peluang karir dalam sistem informasi.
7. Menjadi akrab dengan segudang peluang karir dalam sistem informasi.
Kasus 1: Pemantauan Perusahaan Penerbangan Kontinental
1. CallMiner perangkat lunak yang diinstal:
- Rekaman percakapan dan mentranskripsi
-menangkap keystrokes
2. Digunakan untuk kerajinan rencana pemasaran
3. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
4. Tentukan pelatihan apa yang diperlukan
- Rekaman percakapan dan mentranskripsi
-menangkap keystrokes
2. Digunakan untuk kerajinan rencana pemasaran
3. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
4. Tentukan pelatihan apa yang diperlukan
Pertanyaan
Studi Kasus
1. Apa manfaat bisnis dari sistem CallMiner?
Memberikan contoh-contoh tambahan di luar yang dalam kasus.
2. Bagaimana teknologi baru seperti membantu perusahaan CallMiner meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar? Jelaskan.
3. Andre Harris mengacu pada panggilan untuk menegaskan kembali penerbangan sebagaimana Mengapa mereka diklasifikasikan sebagai nilai rendah "terus terang, rendah nilai panggilan."? Mengapa Anda pikir begitu banyak pelanggan yang menempatkan panggilan tersebut?
Memberikan contoh-contoh tambahan di luar yang dalam kasus.
2. Bagaimana teknologi baru seperti membantu perusahaan CallMiner meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar? Jelaskan.
3. Andre Harris mengacu pada panggilan untuk menegaskan kembali penerbangan sebagaimana Mengapa mereka diklasifikasikan sebagai nilai rendah "terus terang, rendah nilai panggilan."? Mengapa Anda pikir begitu banyak pelanggan yang menempatkan panggilan tersebut?
Kegiatan Internet Pada Dunia Nyata
1. Banyak organisasi yang menggunakan pemantauan panggilan dan data mining untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar dari pelanggan mereka dan kebutuhan mereka. Gunakan Internet untuk menyelidiki:
-Siapa yang menggunakan teknologi ini?
-Dalam bentuk apa?
-Apa nilai nyata dari teknologi ini?
-Siapa yang menggunakan teknologi ini?
-Dalam bentuk apa?
-Apa nilai nyata dari teknologi ini?
Aktivitas kelompok Pada Dunia Nyata
1. Apakah panggilan pemantauan invasi privasi? Dalam kelompok-kelompok kecil, diskusikan:
-Mengapa beberapa pelanggan merasa privasi mereka yang dipertaruhkan?
-Apa yang Anda percaya bisa dilakukan untuk mengurangi masalah privasi sekaligus meningkatkan nilai teknologi?
-Mengapa beberapa pelanggan merasa privasi mereka yang dipertaruhkan?
-Apa yang Anda percaya bisa dilakukan untuk mengurangi masalah privasi sekaligus meningkatkan nilai teknologi?
Mengapa Harus Belajar Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?
1. Vital komponen bisnis yang sukses
2. Membantu usaha memperluas dan bersaing
3. Bisnis menggunakan IS dan IT
4. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis
5. Untuk pengambilan keputusan manajerial
6. Untuk kolaborasi workgroup
2. Membantu usaha memperluas dan bersaing
3. Bisnis menggunakan IS dan IT
4. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis
5. Untuk pengambilan keputusan manajerial
6. Untuk kolaborasi workgroup
apa itu sistem?
Sebuah sistem
Adalah seperangkat komponen yang saling terkait
Dengan batas yang jelas
Bekerja bersama untuk mencapai seperangkat tujuan
Adalah seperangkat komponen yang saling terkait
Dengan batas yang jelas
Bekerja bersama untuk mencapai seperangkat tujuan
Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi?
1.Sebuah kombinasi terorganisasi dari:
-orang-orang
-perangkat keras
-perangkat lunak
-komunikasi jaringan
-Data sumber
-Kebijakan dan prosedur
2.Itu toko, mengambil, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi
-orang-orang
-perangkat keras
-perangkat lunak
-komunikasi jaringan
-Data sumber
-Kebijakan dan prosedur
2.Itu toko, mengambil, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi
Sistem Informasi (SI) vs Teknologi Informasi (TI)
1. IS adalah semua komponen dan sumber daya yang diperlukan untuk memberikan informasi dan fungsi untuk organisasi
2. TI adalah perangkat keras, perangkat lunak, jaringan dan manajemen data
3. Secara teori, IS bisa menjadi berbasis kertas
4. Tapi kita akan fokus pada Komputer Berbasis Sistem Informasi (CBIS)
2. TI adalah perangkat keras, perangkat lunak, jaringan dan manajemen data
3. Secara teori, IS bisa menjadi berbasis kertas
4. Tapi kita akan fokus pada Komputer Berbasis Sistem Informasi (CBIS)
Kerangka Ilmu SI Dalam Profesional Bisnis
Apa yang harus diketahui tentang Profesional Bisnis SI?
1. Landasan Konsep: dasar perilaku, konsep teknis, bisnis dan manajerial
2. Teknologi Informasi: Perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, manajemen data dan Internet berbasis teknologi
3. Melakukan bisnis Aplikasi: penggunaan utama dari IS dalam organisasi
4. Proses pembangunan: Bagaimana merencanakan, mengembangkan dan menerapkan IS untuk memenuhi peluang bisnis
5. Manajemen Tantangan: Tantangan efektif dan etis mengelola TI
2. Teknologi Informasi: Perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, manajemen data dan Internet berbasis teknologi
3. Melakukan bisnis Aplikasi: penggunaan utama dari IS dalam organisasi
4. Proses pembangunan: Bagaimana merencanakan, mengembangkan dan menerapkan IS untuk memenuhi peluang bisnis
5. Manajemen Tantangan: Tantangan efektif dan etis mengelola TI
Apa yang SI lakukan untuk bisnis?
Aplikasi bisnis yang memperluas peran dari waktu ke waktuApa itu E-bisnis?
1.Penggunaan teknologi Internet
untuk bekerja dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronik, dan kolaborasi perusahaan
dalam perusahaan dan dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya.
2. Sebuah nilai pertukaran online .
Bagaimana Penggunaan E-bisnis?
Penggunaan E-bisnis
1. Rekayasa ulang proses bisnis internal
2. Perusahaan kolaborasi sistem: komunikasi dukungan, koordinasi dan kolaborasi antar tim dan kelompok kerja, misalnya, tim virtual
3. Electronic commerce: pembelian, penjualan, pemasaran dan pelayanan produk dan jasa melalui jaringan komputer
Tipe2 dari SI:
Operasi sistem pendukung
Apa itu?
Efisien memproses transaksi bisnis
Kontrol proses industri
Dukungan komunikasi dan kolaborasi
Perbarui database perusahaan
Jenis Operasi Sistem Pendukung
1. Transaksi Sistem Pengolahan
-Rekam dan proses data dari transaksi bisnis
-Contoh: penjualan pengolahan, sistem persediaan, sistem akuntansi
2. Proses Control Systems
-Memantau dan mengendalikan proses fisik
-Contoh: dalam penggunaan sensor kilang minyak bumi untuk memantau proses kimia
3. Perusahaan Kolaborasi Sistem
-Meningkatkan tim dan bekerja komunikasi kelompok
-Contoh: e-mail, videoconferencing
Dua cara untuk memproses transaksi
1. Batch Processing:
-Kumpulkan transaksi dari waktu ke waktu dan proses berkala
-Contoh: bank memproses semua cek yang diterima dalam batch pada malam hari
2. Pengolahan secara online:
-Proses transaksi segera
-Contoh: bank memproses penarikan ATM segera
Pendukung Manajemen Sistem
Apa itu?
Memberikan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer
Jenis Pendukkung Manajemen Sistem
1. Manajemen Sistem Informasi (MSI)
-Memberikan laporan dan menampilkan kepada manajer
-Contoh: penjualan harian laporan analisis
2. Decision Support Systems (DSS)
-Memberikan dukungan ad hoc interaktif untuk pengambilan keputusan
-Contoh: A-apa jika-analisis untuk menentukan mana untuk menghabiskan dolar iklan
3. Sistem Informasi Eksekutif (SIE)
-Memberikan informasi penting bagi para eksekutif dan manajer
-Contoh: akses mudah ke tindakan pesaing
Operasional atau Manajemen Sistem
1. ahli Sistem
-Memberikan saran ahli
-Contoh: aplikasi kredit penasihat
2. Sistem Manajemen Pengetahuan
-Dukungan penciptaan, organisasi dan penyebaran pengetahuan bisnis di seluruh perusahaan
-Contoh: Intranet akses ke praktik bisnis terbaik
Penggolongan SI sesuai bidangnya
1. Fungsional sistem bisnis
-Fokus pada aplikasi operasional dan manajerial dari fungsi bisnis dasar
-Contoh: dukungan akuntansi, keuangan atau pemasaran
2. Strategis sistem informasi
-Membantu mendapatkan keuntungan strategis pelanggan
-Contoh: pelacakan pengiriman, e-commerce web sistem
3. Lintas-fungsional sistem informasi
-Sistem yang merupakan kombinasi dari beberapa jenis sistem informasi
-Menyediakan dukungan untuk banyak fungsi
Tantangan dan Peluang TI
Ukuran keberhasilan SI
1. efisiensi
-Meminimalkan biaya, waktu dan penggunaan sumber daya informasi
2. efektivitas
-Mendukung strategi bisnis
-Aktifkan proses bisnis
-Meningkatkan struktur organisasi dan budaya
-Meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis
3. Apa perbedaan antara Efisiensi dan Efektivitas?
Solusi Pengembangan SI
Tantangan etis aplikasi TI1. efisiensi
-Meminimalkan biaya, waktu dan penggunaan sumber daya informasi
2. efektivitas
-Mendukung strategi bisnis
-Aktifkan proses bisnis
-Meningkatkan struktur organisasi dan budaya
-Meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis
3. Apa perbedaan antara Efisiensi dan Efektivitas?
Solusi Pengembangan SI
Etika tanggung jawab
1. Apa yang menggunakan TI mungkin dianggap tidak benar atau merugikan orang lain atau masyarakat?2. Apa gunanya bisnis yang tepat dari internet atau TI perusahaan sumber daya?3. Bagaimana Anda bisa melindungi diri dari kejahatan komputer?
Karir IT
1. Outsourcing pemrograman dasar ke India, Timur Tengah dan Asia-Pasifik2. Kuat kesempatan kerja di daerah lain di IS3. Kekurangan berkualitas personel IS4. Pekerjaan jangka panjang prospek positif dan menarik
Peluang Karir di IS
1. Di antara pekerjaan yang paling cepat berkembang hingga tahun 2012;
- Sistem Analis
- Database administrator
- Lain manajerial posisi tingkat
- Jaringan spesialis
- Informasi keamanan
IS Fungsi mewakili
1. Mayor fungsional bidang bisnis
2. Penting kontributor operasional, efisiensi produktivitas karyawan, layanan moral, dan kepuasan pelanggan
3. Mayor sumber informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif
4. Vital bahan dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif di pasar global
5. Dinamis dan menantang karir peluang6. Komponen kunci dari bisnis jaringan saat ini
Kasus 2: Lufthansa Mengambil Mobile Computing untuk Skies?
Lufthansa ingin
1. Jauhkan 3.500 pilot
-Dilatih pada teknologi terbaru dan prosedur
-Dicolokkan ke infrastruktur perusahaan
-Informasi tentang jadwal, peristiwa cuaca, dan fakta-fakta lain yang mempengaruhi pekerjaan mereka
2.Pengendalian biaya
3. Menyediakan akses Internet untuk penumpang
Pertanyaan Studi Kasus
1. Banyak tantangan Lufthansa diidentifikasi dalam kasus serupa dengan yang dialami oleh bisnis lain dalam perekonomian global saat ini? Jelaskan dan memberikan beberapa contoh.
2. Apa manfaat berwujud dan tidak berwujud lainnya, di luar yang diidentifikasi oleh Lufthansa, mungkin tenaga kerja mobile nikmati sebagai hasil dari penggelaran teknologi mobile? Jelaskan.
3. Lufthansa jelas mengambil risiko besar dengan keputusan mereka untuk menyebarkan komputer notebook untuk pilot mereka. Apa langkah yang mereka ambil untuk mengelola risiko dan bahwa apa yang orang lain mungkin diperlukan dalam lingkungan bisnis saat ini? Memberikan beberapa contoh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar